Antara HB dan 2B yang sering menjadi masalah



            Pernahkah kamu merasa galau memilih pensil?. Bahkan anda tidak tahu perbedaan jenis pensil antara satu dengan yang lainnya? Kebanyakan orang menganggap semua pensil itu sama saja dan tidak ada bedanya. Hal yang sering terjadi dan selalu kita alami adalah salah membawa pensil. Apakah mejadi masalah?. Tentu saja karena setiap jenis pensil memiliki kegunaannya masing-masing dan kita sering menganggap remeh hal tersebut.


Hasil gambar untuk pensil hb dan 2b
           
        Pensil yang sering kita temui ada beberapa jenis yaitu 2B, 4B, 6B dan HB. Apa sih perbedaannya ?. Mari kita telusuri kode yang terdapat pada pensil. Kode B (black) pada pensil menunjukan bahwa kadar karbon dalam inti pensil itu lebih banyak daripada kadar lempung. Singkatnya pensil 4B lebih terlihat hitam saat ditulis diatas kertas dibandingkan dengan 2B. Sementara kode H (hard) menunjukan kadar lempung yang lebih banyak dibandingkan karbon. So, bila pensil kamu menunjukan kode HB berarti kadar karbon dan lempungnya seimbang.


               Banyak orang yang beranggapan bahwa pensil 2B lebih bagus dari HB namun kenyataannya tidak begitu. Karakter atau sifat yang membedakan antara satu pensil dengan pensil lainnya adalah kekerasan dan kehitaman. Kebagusan pensil dalam hasilnya tergantung tepat atau tidaknya penggunaan pensil tersebut. Pensil HB lebih baik saat digunakan unuk menggambar karena memiliki kekerasan yang lebih dibandingkan 2B sehingga tidak cepat tumpul dan patah. Sementara pensil 2B lebih baik digunakan untuk ujian karena memiliki kehitaman yang lebih baik. 

Hasil gambar untuk pensil hb dan 2b Hasil gambar untuk pensil hb dan 2b



So, kalian kini sudah tau harus menggunakan pensil apa ?. Semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang pensil dan kegunaan dari pensil itu sendiri ya.


           

Komentar